Tips Dan Ciri Ciri Bubuk Matcha Berkualitas

Tips Dan Ciri Ciri Bubuk Matcha Berkualitas

 

Bubuk matcha sudah banyak diperjualbelikan seiring semakin banyaknya orang yang menyukai rasa minuman ini. Bubuk dari matcha menjadi solusi yang tepat untuk membuka kedai minuman dengan memvariasikan banyak rasa matcha. Akan tetapi tentu saja jika tidak bisa membedakan bubuk yang berkualitas, bukan tidak mungkin manfaat dari matcha tidak didapatkan. Bahkan rasanya saja tidak mendekati rasa matcha yang asli dan berkualitas tinggi. Oleh karena itulah sebelum membeli bubuk tersebut ada baiknya untuk memastikan tips di bawah ini agar bisa mendapatkan bubuk matcha berkualitas tinggi.

Berasal dari Wilayahnya

Minuman matcha berasal dari Jepang yang memiliki standar hidup yang tinggi tak terkecuali pada penyajian tehnya. Oleh karena itulah teh yang disajikan juga sudah pasti memiliki kualitas di atas rata-rata. Minuman matcha sendiri sudah terkenal di Jepang sebagai minuman yang kaya akan manfaat. oleh karena itulah untuk mendapatkan manfaatnya sudah tentu bubuk harus didatangkan dari asal daerahnya langsung. Aichi dan Kyoto merupakan penghasil matcha terbesar di Jepang dan memiliki kualitas tinggi dalam produksinya. Jadi pastikan untuk mengecek berasal dari produksi mana bubuk tersebut.

Warna Matcha

Warna matcha memiliki kepekatan terhadap warna hijau. Warna pekat cenderung tua ini berasal dari pengolahan yang minim proses pengeringan apalagi sebelum dipanen, daun teh untuk matcha dihindarkan dari paparan sinar matahari langsung sehingga zat hijau daun semakin banyak. Oleh karena itulah semakin gelap warna hijau yang diberikan matcha semakin tinggi pula kualitasnya. Berbeda dengan green tea yang warnanya cenderung hijau kekuningan dan lebih bening. Jadi jika ingin membelibubuk matcha pastikan menyeduhnya atau minta untuk tes ketika diseduh karena kepekatan akna menentukan kualitasnya.

Tekstur Matcha

Berikutnya adalah tekstur matcha sendiri yang sangat halus. Bahkan semakin tinggi kualitasnya semakin halus partikelnya. Ini membuktikan bahwa proses penumbukan dilakukan dalam periode yang cukup lama sehingga menghasilkan matcha yang berkualitas. Tentunya hal ini juga mempengaruhi rasa nantinya dimana tekstur yang lembut bisa lebih mudah dicampurkan dengan bahan lainnya seperti madu dan coklat.

 

Creamy di Mulut

Tekstur yang halus juga mempengaruhi rasa ketika sedang berada di mulut. Matcha yang berkualitas tinggi akan meninggalkan rasa lumer di mulut dan terasa bekasnya. Kelembutan tekstur akan dengan mudah menyebar ke seluruh bagian dalam mulut. Dengan rasanya yang pekat tentu saja akan meninggalkan sensasi aroma khas teh hijau setelah meminumnya. Semakin terasa aromanya semakin bagus pula kualitasnya.

 

Memiliki Endapan Saat Diseduh

Ciri terakhir adalah memiliki endapan ketika diseduh baik dalam keadaan dingin maupun panas. Meskipun tekstur yang didapatkan sangat halus akan tetapi tidak bisa memungkiri bahwa bahan dasarnya adalah daun teh. Oleh karena itulah ketika didiamkan beberapa saat, teh yang berukuran sangat lembut tersebut akan jatuh dan mengendap di bagian bawah. Endapan inilah yang nantinya menunjukkan kualitas dari bubuk matcha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!