fbpx
Manfaat Stevia Sebagai Pengganti Gula

Manfaat Stevia Sebagai Pengganti Gula

Stevia yang merupakan pemanis baru sebagai pengganti gula yang diekstrak dari daun yang berasal dari tanaman Stevia rebaudiana yang berasal dari negara Paraguay dan Brasil ini mempunyai kandungan steviol glycosides mampu membuatnya terasa 200 kali lebih manis dibandingkan denghan gula buatan dengan menggunakan takaran yang sama. Namun apa sebenarnya manfaat stevia ini bagi tubuh?

Menyembuhkan Diabetes

Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa stevia tidak mengandung karbohidrat dan kalori sehingga tidak akan berpengaruh pada gula darah dan juga tidak akan merespons insulin. Dengan memanfaatkan stevia untuk dikonsumsi penderita diabetes diduga dapat membuat penderita lebih banyak mengonsumsi jenis makanan lain sehingga bisa memenuhi makanan sehat yang dikonsumsi.

Studi lainnya pun menyebutkan jika stevia sangat sedikit bahkan tidak menimbulkan efek samping terhadap kadar insulin, gula darah, hipertensi hingga berat badan dan bahkan penderita diabetes yang telah mengonsumsinya tidak ada yang dilaporkan terkena efek samping.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat stevia yang lainnya ialah tidak menyebabkan kenaikan berat badan karena tidak mengandung kalori di dalamnya. Itu alasan yang menguatkan bahwa dengan mengonsumsi stevia seseorang dapat mengurangi asupan energi yang masuk dalam tubuh serta tanaman ini tak bisa diserap oleh tubuh dengan baik sehingga seluruhnya akan di buang secara utuh dari tubuh Anda.

Membantu Mengontrol Gula Darah

Stevia yang diekstrak mengandung zat yang dapat membantu pelebaran pembuluh darah sehingga dapat meningkatkan ekskresi urin dan natrium yang ada dalam tubuh. Tanaman ini pun diduga mempunyai sifat kardiotonik yaitu sifat yang mampu membuat tekanan darah menjadi normal dan juga bisa mengatur detak jantung untuk menjadi normal kembali.

Mengurangi Resiko Kanker Pankreas

Dalam tanaman ini pun terkandung banyak sekali senyawa anti oksidan semacam flavonoid, tannin, triterpen, kaempferol dan lainnya. Ada juga hasil penelitian yang menyebutkan bahwa kandungan senyawa kaempferol mampu mengurangi resiko terjadinya kanker pankreas.

Walau rasa yang diberikan stevia jauh lebih manis dibandingkan dengan pengganti gula lainnya, namun stevia malah tidak mempunyai kalori dan juga karbohidrat. Jika memang ada diduga berasal dari bahan makanan lain yang tercampur di dalamnya. Bahan makanan lain tersebut dicampurkan agar mengurangi rasa pahit yang terkandung pada tanaman stevia ini. Stevia pun tidak akan disimpan oleh tubuh karena senyawa steviol glycosides yang terkandung dia alamnya akan dipecah menjadi steviol yang kemudian diserap tubuh dan dibuang kembali dengan cepat menjadi urin dan feses.

Meskipun demikian, manfaat stevia sebagai pengganti gula yang rendah kalori dalam penggunaannya tidak boleh berlebihan dan juga sembarangan. Dan juga harus diingat bahwa dengan mengonsumsi makanan bebas gula bukan mengartikan bahwa Anda telah terbebas dari kalori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!