Inilah Perbedaan Matcha Tea dengan Green Tea

Inilah Perbedaan Matcha Tea dengan Green Tea

Perbedaan matcha tea dengan green tea memang sulit untuk dibedakan mengingat keduanya berasala dari bahan yang sama yakni daun teh hijau. Apalagi keduanya berasal dari keluarga flora yang sama yakni Cameliia sinensis. Lantas apa yang membuatnya berbeda? Yah benar keduanya memiliki rasa yang berbeda. Perbedaan mendasar ada pada cara pengolahan dan warna hasil pengolahannya. Jadi inilah perbedaan matcha tea dengan green tea secara garis besar.

Proses Pemetikan

Perbedaan yang pertama ada pada cara memanen matcha dan green tea. Proses panen green tea lebih mudah dilakukan karena hanya tinggal memetik ujung daun teh yang masih muda dan segar. Sedangkan pada proses matcha harus memastikan teh terhindar dari cahaya matahari selama 20-30 hari terlebih dahulu sebelum dipanen. Oleh karena itulah warna dari daun matcha lebih gelap daripada green tea. Tujuan dihindarkan dari sinar matahari ini tidak lain karena ingin meningkatkan jumlah asam amino yang terdapat dalam klorofil.

 

Proses Pengolahan

Pengolahan pada green tea juga berbeda dengan matcha. Pada pengolahan green tea akan dikeringkan dalam waktu yang lama dan tidak digiling secara halus. Karena itulah ketika menyeduh green tea pasti masih ada ampas daun dan rantingnya. Sedangkan pada matcha pengeringan hanya dilakukan dalam waktu yang singkat untuk menjaga warna hijau dari daunnya. Setelah itu, daun teh akan ditumbuk hingga menjadi bubuk halus dan ketika diseduh sudah tidak terlihat ampas yang signifikan.

 

Perbedaan Rasa

Dengan pengolahan yang berbeda tentunya memberikan rasa yang berbeda pula. Teh hijau umumnya digunakan sebagai ramuan herbal alami yang memiliki rasa masam cenderung ke pahit. Akan tetapi rasa dari teh hijau lebih segar dibandingkan dengan matcha. Sedangkan rasa matcha sendiri terasa lebih creamy dan lumer di mulut. Apalagi dengan bubuk yang sangat halus membuatnya tidak meninggalkan ampas terlalu banyak dan tidak perlu proses penyaringan layaknya pada teh hijau.

Perbedaan Warna

Warna yang diberikan oleh keduanya juga berbeda karena memang dari sisi pengolahan sudah berbeda. Perbedaan ini dipengaruhi oleh kadar klorofil atau zat hijau daun pada keduanya. Matcha memiliki warna lebih hijau dan tampak lebih dominan seperti jus berwarna hijau. Sedangkan pada green tea warnanya cenderung lebih bening dan kekuning-kuningan. Warna green tea ini tak lepas dari proses pengeringan yang dilakukan dalam waktu cukup lama.

 

Perbedaan Harga

Memang tidak ada standar ukuran pasti untuk menentukan harga keduanya. Akan tetapi jika dilihat dari proses pembuatannya dan banyaknya manfaat yang nantinya diberikan maka bisa ditebak bahwa harga matcha lebih mahal dibandingkan dengan green tea. Perbedaan harga ini juga tak lepas dari proses pengolahan keduanya khususnya pada matcha yang memperhatikan detail kecil pada daun teh. Inilah salah satu perbedaan matcha tea dengan green tea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!