Gula Stevia Aman Dikonsumsi

Gula Stevia Aman Dikonsumsi

Apakah Anda tahu tentang gula stevia? Yang disebut juga sebagai tanaman pengganti gula yang juga termasuk dalam kategori pemanis buatan, pemanis alami dan alkohol gula. Stevia tidaklah termasuk dalam kategori ketiganya, karena stevia digolongkan dalam pemanis baru.

Apa Itu Gula Stevia?

Pengganti gula atau disebut stevia adalah gula yang diekstrak dari daun stevia yaitu daun yang masuk ke dalam family Ateraceae yang terkait dengan tumbuhan ragweed atau daisy. Daun dari tanaman yang mempunyai bahasa latin Stevia Rebaudianan ini telah ratusan tahun dikonsumsi oleh masyarakat di Paraguay dan Brasil sebagai pengganti gula. Tanaman stevia pun dikenal sebagai obat tradisional di negara tersebut yang mampu menyembuhkan berbagai masalah tentang penyakit seperti luka bakar, sakit perut dan bahkan bisa digunakan sebagai kontrasepsi.

Kandungan dari ekstrak stevia kebanyakan diambil bagian yang manis dan sedikit pahitnya, stevia juga tidak mempunyai kalori atau gula, rasanya pun lebih manis dibandingkan dengan stevia yang berasal daunnya bahkan hingga 200 kali rasa manisnya. Cara tepat dalam mengonsumsi stevia adalah dengan mengonsumsi sesuai dengan takaran atau secukupnya dan tidak dalam jangka panjang sehingga tidak menimbulkan efek samping di kemudian hari.

Apakah Gula Stevia Aman Dikonsumsi?

Mayoritas orang yang telah mencoba gula stevia ini merasa dirinya baik – baik saja, namun perlu diingat juga bahwa stevia mempunyai reaksi yang berbeda terhadap masing – masing orang. Manfaat dan efek samping dari mengonsumsi tanaman ini tergantung dari jenis stevia apa yang dikonsumsi serta seberapa banyak orang tersebut mengonsumsinya. Di Indonesia mempunyai Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang bertugas untuk menyeleksi apakah makanan dan obat tersebut layak dan aman dikonsumsi atau tidak? Jika tanaman stevia telah mendapat persetujuan dari badan tersebut maka stevia aman untuk dikonsumsi. Sayangnya, tidak semua jenis stevia bisa dikonsumsi ada yang kandungan pemanisnya setara dengan kandungan kimianya namun jika lebih banyak proses kimia yang dilakukan makan gula tersebut malah akan memberikan dampak yang negatif bagi tubuh.

Stevia tidak mempunyai kalori serta rasanya lebih manis 200 kali dibandingkan dengan gula dengan jumlah takaran yang sama. Karena alasan tersebut banyak orang yang beranggapan bahwa gula ini akan sangat cocok untuk menjalani program diet. Namun beberapa penelitian tidak setuju dengan hal tersebut. Ada beberapa penelitian yang menyebutkan juga bahwa gula ini mampu memicu sindrom yang akan mengakibatkan munculnya penyakit diabetes. Namun ada juga yang menyebutkan bahwa stevia tidak menimbulkan efek samping apapun karena mampu membuat kadar insulin dalam darah menurun jika dibandingkan dengan pemanis buatan lainnya. Alasan itu yang membuat gula stevia aman untuk dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!